E N J O Y and THX

Sunday, March 4, 2012

Simple Warm Food are TASTY!

"Makan tuh ga perlu banyak lauknya, yang penting dimakannya pas anget-anget"
Begitulah kira-kira obrolan nyokap ke gue beberapa bulan yang lalu. Dan sudah gue buktikan! Sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) baru, pastinya koleksi resep masakan di otak gue sangat terbatas, paling ya cuma yang simple-simple aja, misalnya tumis, gorengan, sop, atau paling banter semur. Walaupun begitu, untunglah sedari dulu gue udah banyak mengenal jenis pangan (ex : aneka jamur, sayuran dll), jadi walaupun jenis masakannya cuma tumis-tumisan aja tetep bervariasi. Semua sayuran gue tumis, mulai dari wortel, jagung manis, kol, buncis, taoge, sawi, kangkung, ampe bayem loooh. Hahaha... simple sich masaknya, tinggal iris-iris, goreng-goreng, selesai!

Oya, Ngomongin tentang masakan, emang bener tuh kata nyokap gue, paling pas dan nikmat itu kalo disantap pas lagi hangat looh, atau baru mateng dari penggorengan haha...  Contohnya aja nih ya, suami gue kadang-kadang suka laper tiba-tiba.. Nah looh gue bingung kan! Gue cek aja apa yang ada dalem kulkas ada apaan. Tadi malem yang ada adalah taoge/kecambah, sama telur. Kebetulan nasi udah stand by, koleksi bumbu juga masih lengkap (ex : bawang2an, garam, merica, dll). Akhirnya mulai memasaklah gue dengan menu tumis taoge dan telur dadar, Simple bukan! Dan Alhamdulillah nya suami gue itu sangat suka sama masakan itu, dibilang enak juga standar ya, ya standar tumis lah, tapi karena dimakan dalam keadaan hangat dan lapar, jadilah sangat terasa nikmat!
Sekeda share resep masakan tumis ala gue ya :


Tumis Taoge/Kecambah  (Untuk 3 orang):
Bahan :
  • taoge/kecambah kira2 1 ons
  • irisan 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah
  • iris 2 batang daun bawang sekitar 2 cm
  • Cabai merah besar 1 buah, iris tipis serong
  • garam, gula, merica, saos tiram secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
langkah-langkahnya udah pada tau lah pastinya : oya, numis taoge itu jangan lama-lama looh, saonya taoge itu kan tipis dan kecil. Selain agar kandungan gizinya ga berkurang banyak, juga biar taogenya tetep renyah.. cukup maksimal 1 menit saja.

Telur Dadar :
Kocok telur ditambah dengan irisan daun bawang, merica, garam, boleh ditambahkan sayuran (ex  jamur, wortel, bayam dll) dan boleh juga ditambah parutan keju dan sedikit tepung terigu, hasilnya lebih gurih dan tebal looh! Kemudian dadar telur sampai berwarna kecoklatan, Happy Cooking!

Kulkas oh Kulkas
Barang yang satu ini memang sangat berguna sebagai penyimpan makanan agar daya tahannya lebih lama. Mulai dari sayuran, buah, ayam, ikan, bumbu, minuman, sampai kosmetik looh. Pastinya kulkas sangat diperlukan di rumah, nah buat ibu-ibu baru kalo disuruh ngelist kebutuhan barang apa aja, jangan lupa masukkan kulkas sebagai salah satunya ya... karna benda ini sangat berguna looh, boleh juga minta kado sama temen2 kita pas nikah hehe (Kalo dikasih!). Pokoknya kalo ada budget  lebih buat beli kulkas, segeralah laksanakan, karna sangat bermanfaat looh, sudah geu buktikan, TRUST ME!

Let's being a good wife with making some special dishes for our small family! it's very nice job :)


No comments: