E N J O Y and THX

Tuesday, November 20, 2007

Ayam gelondongan....



Sekedar info ni.. buat para calon ibu2... hari sabtu, tangga 17 november gue nonton reportase di trans tv jam 5 sore. Liputannya seputar ayam gelondongan yang dijual dipasaran. Ayam gelondongan itu apaan sih???
Ayam gelondongan itu adalah ayam yang disuntik baik dalam keadaan mati maupun masih hidup, supaya berat ayam bertambah... jadi si penjual bisa cari untung lebih gitu... biasanya ayam yang disuntik itu jenis ayam petelur yang umurnya lebih dari 2 tahun, jadi dia udah ga produktif lagi,,, mau dikonsumsi juga dagingnya alot baget....
Buat ngakalinnya,, si penjual punya trik khusus ni...
Prosesnya, 4 jam sebelum disembelih.. si ayam dicekokin dulu sama obat pereda sakit kepala yang dijual di warung2 dengan dosis tertentu, biar hasinya daging ayam jadi empuk. Abis itu, si ayam dicekokin lagi sama air garam, tujuannya supaya si ayam jadi aus... abis itu dia pengen minum banyak deh.... ayam yang abis digelondong itu biasanya bertambah berat badannya sekirat 200g atau 2 ons, dan si penjual bisa ngambil untung sekitar 3200 rupiah/ekornya.
Masih ada lagi ni... trik penjual buat ngibulin konsumen, yaitu... abis disembelih dicelupin ke bahan kimia yang jarang banget dipake buat bahan pangan, tapi bukan formalin. Biasanya campuran bahan kimia itu dipake buat ngilangin kerak, tau kan??

Jadi gimana ga bahaya coba???
Menurut penelitian salah satu dosen di universitas di jawa tengah, senyawa tersebut bisa memicu timbulnya penyakit yang berhubungan dengan kelenjar2 mukosa, paru-paru, hati dan ginjal, parah banget kan????

No comments: