E N J O Y and THX

Tuesday, November 20, 2007

Kurangin konsumsi minyak dan gula


Berita kematian big dicky...
Pada tau kan artis obese yang lucu banget di acara ngelenongnya trans TV,,, pas denger dia meninggal rasanya gue sediiih banget.... padahal dia kan orang yang baek... tuuu kan lagi2 obese, kemeren-kemeren Uwa gue (kakanya bokap) meninggal gara-gara obese juga...

Terbukti memang ajaran dosen PA gue (Dr.Y) tentang sindrom metabolik.
Sedikit ulasan aja, sindrom metabolik itu merupakan kumpulan gejala yang dapat memicu timbulnya penyakit aterosklerosis, jantung koroner dan diabetes militus. Awal2 nya sih karena kelebihan berat badan.... makannya, gue menghimbau buat ngurangin konsumsi gula sama minyak. Termasuk buat diri gue sendiri, Soalnya efeknya tuh ga kerasa sekarang2, tapi ntar setelah terakumulasi di tubuh. Misalnya ni... konsumsi minyak berlebih yang ada di goreng2an yang biasa dijual ditukang gorengan itu juga bisa bahaya buat badan kita. Soalnya kita ga bisa ngejamin kehigienisan minyak yang dipake buat ngegorengnya, biasanya si minyaknya itu dipake beberapa kali... berarti kualitas minyaknya itu udah teroksidasi dan mengandung senyawa karsinogenik (pemicu kangker). Boleh-boleh aja sih suka sama gorengan, tapi jangan banyak-banyak ya... inget jaga badan,,, bukan semata-mata karena penampilan tapi perhatiin kesehatan juga....

No comments: